Software Untuk Menggambar dan Melukis Secara Digital Gratis Terbaik 2022

Para ilustrator profesional rata-rata menggunakan software berbayar untuk menggambar dan berkarya di industri digital art.

Alasan utamanya karena umumnya software berbayar menawarkan lebih banyak fitur dan memberikan kemudahan untuk para penggunanya dibanding software gratisan.

Contoh beberapa software digital painting & drawing berbayar yang paling populer digunakan oleh para profesional seperti:

Advertisement

  • Adobe Photoshop
  • Clip Studio Paint
  • Procreate
  • Affinity Photo & Designer
  • Dan lain-lain

Namun bukan berarti software gratisan tidak dapat bersaing dengan software yang berbayar.

Software gratisan nyatanya cukup bisa diandalkan sebagai alternatif dari software populer di atas.

Karena biar bagaimana pun, hasil akhirnya tidak ditentukan dari software apa yang digunakan, melainkan skill dari sang ilustrator itu sendiri lah yang paling menentukan.

Rekomendasi Software Digital Painting Gratis Terbaik 2022

Berikut ini beberapa software untuk menggambar digital yang bisa kita download dan gunakan secara gratis. Beberapa di antaranya bahkan dikembangkan secara open source.

Krita

Krita adalah software digital painting yang dikembangkan secara open source yang bisa digunakan secara gratis.

Krita bisa digunakan untuk membuat:

  • Digital painting
  • Animasi 2D
  • Concept art
  • Komik
  • Ilustrasi
  • Tekstur lukisan
  • Dll

Walaupun gratisan, software ini sebenarnya cukup powefull digunakan untuk digital painting karena tersedia berbagai tool dengan lebih dari 100 brush bawaan yang cukup beragam.

Terlebih lagi software ini juga menyediakan fitur untuk membuat animasi 2D.

Jika kamu ingin melihat berbagai hasil karya lukisan dan ilustrasi digital yang dibuat dengan aplikasi Krita, silahkan lihat di halaman ini.

MediBang Paint

MediBang Paint juga cukup populer digunakan untuk digital painting dan membuat manga (komik dengan style Jepang).

Cukup banyak karya gambar keren yang dihasilkan dari software ini.

membuat-komik-dengan-medibang

Para profesional rata-rata menggunakan MediBang untuk membuat karakter-karakter “kawai” ala film anime Jepang.

Salah fitur yang cukup banyak diminati oleh para ilustrator yang ada di MediBang salah satunya adalah fitur timelapse.

Pengguna bisa merekam semua proses menggambar mulai dari awal hingga akhir. Hasil videonya bisa digunakan untuk kebutuhan video tutorial di YouTube ataupun sebagai bahan evaluasi untuk belajar.

Advertisement

MediBang Paint tersedia gratis tetapi juga menghadirkan fitur premium berbayar bagi pengguna yang ingin mendapatkan fitur lebih untuk bisa mengakses brush ekslusif, materials, cloud storage untuk kolaborasi tim dan lain-lain.

MediBang Paint tersedia untuk platform Android, iPhone, iPad, Mac dan juga Windows.

GIMP

GNU Image Manipulation Program (GIMP) adalah software untuk image-editing dan juga manipulasi foto yang gratis bagi pengguna Linux sebagai alternatif dari Adobe Photoshop.

Seiring berjalannya waktu, GIMP tersedia juga untuk platform Windows dan Mac OS.

Selain untuk editing gambar, GIMP juga bisa digunakan untuk menggambar digital karena sudah tersedianya fitur brush tool.

Sama seperti Krita, pengembangan GIMP berbasis open source sehingga siapa saja bisa melihat source code-nya untuk ikut berkontribusi dan mengembangkan software ini.

Inkscape

Inkscape adalah software open source yang digunakan untuk menggambar digital berbasis vector.

Kelebihan dari gambar vector adalah bisa di zoom ataupun diperbesar resolusi gambarnya tanpa kehilangan kualitas.

Menggambar dengan software vector cocok digunakan untuk kamu yang bekerja di industri percetakan ataupun sebagai freelance illustrator yang ingin menjual karyanya di situs microstock seperti Freepik.com dan Shutterstock.com.

Art by Fabian Mosakowski

Tentunya Inkscape bisa digunakan sebagai alternatif dari Adobe Illustrator, Affinity Designer ataupun CorelDRAW yang berbayar.

Kesimpulan

Jika kamu membutuhkan software gratis untuk kebutuhan digital painting dan animasi, maka Krita bisa menjadi pilihan alternatif yang bisa kami rekomendasikan.

Apakah software berbayar lebih baik dari software gratisan? Tidak bisa dipungkiri, ada harga ada kualitas memang benar adanya. Dengan menggunakan software premium yang berbayar tentunya kita bisa mendapatkan benefit dengan ragam fitur yang lebih banyak dan menarik.

Namun software open source yang gratis di era saat ini juga memiliki beragam fitur yang terus dikembangkan oleh komunitasnya.

Salah satu software open source yang gratis dan cukup populer, seperti Blender (3D creation) misalnya, berkembang dengan cepat berkat adanya dukungan dan komunitas yang besar.

Kembali lagi, apa pun software yang digunakan, hasil akhir suatu karya akan tergantung dari skill orang yang menggunakannya.

✅ Bacaan selanjutnya:

custom-brush-digital-painting-drawing-art
Leave A Reply

Your email address will not be published.