Happy New Year 2023

12 Software Antivirus Gratis Terbaik 2023 Untuk Windows

Saat ini, penggunaan perangkat komputer sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan dunia digital.

Namun, dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, ancaman virus, malware, dan spyware pun semakin meningkat.

Oleh karena itu, perlindungan yang baik sangat diperlukan untuk menjaga komputer kita dari serangan berbahaya tersebut.

Salah satu cara untuk melindungi komputer kita adalah dengan menggunakan software antivirus.

Di artikel ini, kami akan memberikan 12 rekomendasi software antivirus terbaik 2023 yang dapat digunakan secara gratis untuk sistem operasi Windows.

1. Avast Free Antivirus

Avast adalah salah satu software antivirus gratis yang paling populer dan banyak digunakan saat ini.

Avast Free Antivirus dilengkapi dengan fitur-fitur seperti perlindungan real-time, scanning (pemindai) komprehensif, pemindai jaringan WiFi, deteksi website berbahaya, auto update dan masih banyak lagi.

Avast dapat melindungi komputer kita dari berbagai jenis virus, trojan, malware, spyware worm, rootkit dan lain-lain.

Avast juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu software antivirus gratis terbaik di dunia dari beberapa lembaga independen pengujian antivirus.

Fitur-fitur dari Avast Antivirus:

Proteksi dari Virus, Malware, Spyware, Trojan dan RansomwareProteksi Email
Real-time Protection & Detection (bisa deteksi virus otomatis bahkan sebelum kita membuka file)Firewall
Bisa memblokir website berbahayaWi-Fi Network Security
Auto update databaseSmart Scan, Rescue Disk, CyberCapture, Quarantie

Avast sudah belasan tahun menjadi software antivirus favorit kami. Fitur yang paling kami suka dari Avast adalah realtime protection-nya yang cukup powerfull. Avast bisa mendeteksi file secara otomatis dan memberikan peringatan pemblokiran file berbahaya, bahkan sebelum kita membukanya.

Selain itu fitur pemblokir website berbahaya otomatisnya juga sangat berguna untuk melindungi kita dari phishing dan website scam.

2. AVG AntiVirus Free

AVG juga merupakan salah satu antivirus gratis terbaik saat ini dengan fitur perlindungan yang cukup lengkap mirip seperti Avast.

AVG juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai antivirus gratis terbaik yang bersaing ketat dengan Avast.

Fitur-fitur dari AVG AntiVirus Free:

Proteksi dari Virus, Malware dan SpywareProteksi Email
Real-time Protection & DetectionFirewall
Bisa memblokir website berbahayaUpdate database secara realtime

3. Avira Free Antivirus

Bersaing ketat dengan Avast dan AVG, Avira Free Antivirus buatan Jerman ini juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu antivirus terbaik di dunia.

Soal performa, Avira juga tergolong ringan dijalakan pada sistem Windows. Sehingga tidak akan memberatkan sistem secara keseluruhan.

Fitur-fitur dari Avira Free Antivirus:

Proteksi dari Virus, Malware, Spyware Adware, Trojan, Worm dan RansomwareAd Blocker & Tracker Blocker
Real-time Protection & RepairRingan
Bisa memblokir website berbahayaRealtime update

4. Microsoft Defender Antivirus

Microsoft Defender Antivirus adalah antivirus yang dikembangkan khusus ke dalam sistem operasi Windows.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan perlindungan real-time tanpa harus menginstall software antivirus tambahan.

Microsoft Defender Antivirus sudah secara default menjadi aplikasi bawaan sejak era Windows 10 dan terus berlanjut sampai sekarang di Windows 11.

Microsoft Defender Antivirus menyediakan pemindaian real-time, pemindaian on-demand, dan fitur heuristic yang dapat mendeteksi dan menghapus malware yang belum dikenal.

Selain itu, Microsoft Defender Antivirus juga menyediakan fitur-fitur seperti Automatic sample submission, dan SmartScreen Filter yang dapat digunakan untuk melindungi komputer dari phishing dan website berbahaya.

5. Malwarebytes Free Antivirus

Malwarebytes adalah software gratis yang dirancang untuk menghapus malware, spyware, dan adware dari komputer.

Malwarebytes menawarkan pemindaian komprehensif dan pemindaian on-demand yang dapat digunakan untuk mencari dan menghapus malware yang ada di sistem. Pemindai ini diakui efektif dalam mendeteksi dan menghapus berbagai jenis malware yang ada di sistem.

Selain itu, Malwarebytes juga menyediakan fitur-fitur seperti proteksi real-time, yang memantau sistem secara terus-menerus untuk menemukan dan menghapus malware yang mencoba untuk masuk ke komputer pengguna.

6. Adaware Free Antivirus

Adaware Free Antivirus menawarkan perlindungan dari serangan virus, malware, spyware, phishing dan scam.

Selain antivirus, Adaware juga memiliki beberapa paket tool gratis yang dapat kita download secara terpisah, seperti Adaware Privacy, Adaware PC Cleaner dan Adaware Driver Manager yang cukup berguna untuk mengoptimalkan komputer Windows.

7. ZoneAlarm Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus adalah salah satu software antivirus gratis yang dapat digunakan untuk melindungi komputer dari berbagai jenis virus, malware, trojan horse, worm, bots dan spyware.

ZoneAlarm menawarkan fitur perlindungan real-time yang melindungi sistem kita dari serangan malware yang diketahui dan tidak dikenal, serta fitur pemindaian on-demand yang dapat digunakan untuk mencari dan menghapus malware yang ada di sistem.

Selain itu, ZoneAlarm Free Antivirus juga menyediakan fitur-fitur seperti Automatic software updater yang membantu mengupdate software yang digunakan secara otomatis dan fitur Anti-Phishing yang membantu kita untuk mengenali dan menghindari situs phishing.

ZoneAlarm Free Antivirus juga dilengkapi dengan fitur Personal Firewall yang melindungi sistem kita dari serangan jaringan yang tidak dikehendaki.

Proteksi dari Virus, Malware, Spyware, Trojan, WormPersonal Firewall
Real-Time Security UpdatesWireless Network Protection

8. Panda Free Antivirus

Panda Free Antivirus menawarkan perlindungan real-time gratis terhadap berbagai jenis virus, malware dan juga spyware.

Salah satu fitur unik dari software antivirus ini adalah bonus VPN gratis untuk melindungi privasi ketika mengakses internet dengan kuota bandwidth 150 MB / hari. Meskipun memang tergolong kecil, namun ini menjadi salah satu fitur unik dibandingkan dengan antivirus lain.

Fitur dari Panda Free Antivirus:

Proteksi dari Virus, Malware dan SpywareUSB protection
Real-Time ProtectionPanda rescue kit
VPN Gratis 150 MB / hariMultimedia/Game mode

9. Comodo Free Antivirus

Comodo Free Antivirus menawarkan perlindungan dari ancaman virus, malware dan juga spyware.

Fitur menarik dari Comodo Free Antivirus adalah Auto Sandbox Technology yang dapat menjalankan file dan mengisolasinya ke dalam lingkungan virtual khusus, untuk mencegah kerusakan sistem.

Proteksi dari Virus, Malware dan SpywareDefense+ Technology
Auto Sandbox TechnologyCloud based Antivirus

10. Bitdefender Antivirus Free 

Bitdefender Antivirus Free adalah salah satu software antivirus gratis yang cukup populer dan efektif dalam melindungi komputer dari berbagai jenis virus, malware, spyware, dan lain-lain.

Fitur utama yang ditawarkan oleh Bitdefender Antivirus Free meliputi perlindungan real-time, pemindaian komprehensif, dan pemindaian on-demand yang dapat digunakan untuk mencari dan menghapus malware yang ada di sistem.

Bitdefender Antivirus Free juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti Automatic software updater yang membantu mengupdate software yang digunakan secara otomatis.

Ada juga fitur-fitur lain seperti Advanced Threat Defence yang membantu dalam menganalisa dan melindungi sistem dari malware yang tidak dikenal dan Link Scanner yang membantu dalam menghindari dari situs web berbahaya.

Proteksi dari virus, malware, spyware, trojan dan ransomwareRingan
Auto updateTersedia fitur daily scan tanpa menggangu performa sistem

11. Kaspersky Security Cloud – Free Antivirus

Kaspersky Security Cloud merupakan paket antivirus gratis yang menawarkan fitur perlindungan dari virus dan malware. Tersedia untuk PC, Android, iPhone dan iPad.

Kaspersky Security Cloud Free juga memiliki fitur automatic update, sehingga pengguna bisa mendapatkan patch keamanan terbaru secara otomatis.

Fitur yang ditawarkan memang masih tergolong basic jika dibandingkan dengan antivirus gratis lainnya. Namun kita bisa menggunakannya sebagai alternatif.

12. TotalAV Free Antivirus

TotalAV menawarkan perlindungan terhadap virus, malware, spyware dan juga ransomware.

Selain itu, TotalAV juga dilengkapi dengan Adware Cleaner untuk menghapus iklan yang sering kali dibawa oleh beberapa software saat proses install namun tidak disadari oleh pengguna.

Fitur dari TotalAV Free Antivirus:

Advanced WebShield (blokir website berbahaya)Data Breach Search (identifikasi email & password yang pernah bocor di internet)
Adware CleanerBrowser Cleanup

TotalAV sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai salah satu antivirus terbaik sama seperti Avast, AVG dan Avira. Sayangnya untuk proteksi realtime tidak tersedia dalam versi gratisnya ini.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mengulas beberapa software antivirus gratis terbaik yang dapat digunakan untuk melindungi komputer dari berbagai jenis virus, malware, spyware, dan lain-lain.

Masing-masing software tersebut memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda, namun semuanya dapat digunakan secara gratis.

Semua software antivirus gratis yang diulas di atas cukup efektif dalam mendeteksi dan menghapus malware yang ada di sistem komputer.

Namun, untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, sangat penting untuk memperbarui software ini beserta dengan database-nya secara berkala.

Kita juga perlu berhati-hati ketika mengeklik link yang tidak dikenal atau mendownload software dari sumber yang tidak terpercaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.