πŸ†• Digital Art Release: Stand With Palestine πŸ’” πŸ‡΅πŸ‡Έ Β – Lihat di sini

Fitur Baru Microsoft Paint Kini Support Layer dan Transparency Seperti Photoshop

Aji Zakaria

Microsoft baru saja mengumumkan rilisnya fitur baru untuk aplikasi Paint yang kini sudah mendukung fitur “Layer” dan juga “Transparency” seperti halnya Adobe Photoshop ataupun software pengolah gambar lainnya.

Fitur update ini baru akan tersedia untuk Windows Insiders di Canary dan juga Dev Channels (versi 11.2308.18.0 atau lebih baru).

Dengan hadirnya fitur “Layer” ini memungkinkan pengguna untuk melakukan proses pengeditan gambar yang lebih kompleks dari sebelumnya di aplikasi Paint.

Sebagaimana fungsi layer pada aplikasi pengolah gambar pada umumnya, terdapat beberapa fungsi utama sebagai berikut:

  • Hide layer
  • Duplicate layer
  • Merge down
  • Delete layer

Jadi pengguna kini bisa menumpuk banyak gambar pada layer dalam satu kanvas atau lembar kerja yang sama.

Selain Layer, Microsoft juga menambahkan dukungan Transparency untuk format file gambar PNG.

Untuk fitur transparansi gambar ini ditandai dengan tampilan kotak-kotak pixel pada bagian background dari gambar tersebut.

Fungsi ini juga akan semakin memudahkan pengguna jika dikombinasikan dengan fitur “Background Removal” otomatis yang juga baru saja dirilis oleh Microsoft pada beberapa hari yang lalu.

Nah, dengan hadirnya fitur update ini menjadikan aplikasi Paint sebagai salah satu software alternatif pengolah gambar sederhana yang gratis untuk platform Windows.

Sudah sejak lama, aplikasi Paint memang dikenal sangat sederhana alias minim fitur. Sehingga mungkin banyak pengguna yang kurang tertarik untuk menggunakannya dan lebih memilih ke alternatif software digital art lain yang lebih lengkap fiturnya.

Namun belakangan ini, nampaknya Microsoft ingin membuat produknya tetap up to date dan relevan dengan tren digital saat ini.

Selain itu, Microsoft memang sedang gencar mengembangkan teknologi AI (kecerdasan buatan) untuk diimplementasikan pada berbagai produknya untuk memudahkan para penggunanya.

Kedepannya mungkin bisa saja aplikasi Paint ini akan didukung dengan teknologi AI. Seperti halnya Bing Image Creator yang menggunakan DALL-E, dengan teknologi AI Generative-nya yang bisa membuat gambar unik hanya dengan mengetikkan perintah teks prompt.

πŸ†• Update:

Sesuai prekdisi, hanya selang beberapa hari, Microsoft kembali mengumumkan perilisan fitur baru Cocreator di aplikasi Paint yang dapat digunakan untuk membuat AI ART yang dengan basis teknologi dari DALL-E.

Follow:
Sharing tutorial digital art di Instagram: @ajizakaria
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *