Happy New Year 2023

Google Ubah Navigasi Halaman dengan Continuous Scrolling Untuk Menampilkan Hasil SERP Lebih Banyak dan Mudah

Google baru saja mengumumkan penggantian navigasi halaman model lama (numbered pagination) dengan model continuous scrolling untuk platform desktop yang diklaim lebih nyaman dan memudahkan pengguna.

Perubahan ini baru hanya bisa dinikmati untuk wilayah Amerika Serikat dengan pencarian berbahasa Inggris saja, tetapi secara bertahap fitur ini juga akan diluncurkan untuk pengguna global, termasuk Indonesia.

Sebelumnya ketika melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di Google Search, umumnya Google hanya akan menampilkan sekitar 10 halaman website teratas saja di halaman pertama (page one).

Jika pengguna kurang puas dengan hasil pencarian di halaman pertama, maka bisa melanjutkan pencarian ke halaman kedua atau ketiga maupun seterusnya dengan mengaksesnya melalui navigasi yang berada di bagian bawah.

Sistem numbered pagination model lama Google

Namun di update terbarunya ini pengguna hanya perlu scrolling ke bawah halaman untuk menemukan lebih banyak hasil pencarian tanpa harus berpindah halaman.

Jadi pengguna tidak perlu lagi mengklik nomor halaman untuk melakukan pencarian di halaman pertama. Tinggal scroll ke bawah, maka hasil pencarian selanjutnya akan langsung ditampilkan secara otomatis hingga 6 halaman.

Dengan hadirnya fitur ini, tentu semakin membuka peluang bagi halaman web yang tidak mendapatkan ranking cukup baik untuk mencapai halaman pertama Google SERP (Search Engine Result Page). Kesempatan untuk bisa terlihat dan muncul di halaman pertama Google jadi lebih besar karena akan lebih mudah ditemukan pengguna.

Leave A Reply

Your email address will not be published.