Brand lokal Evercoss semakin terkenal karena cukup berbaik hati untuk meluncurkan produk-produk smartphone dan tablet Android dengan harga terjangkau namun dengan fitur cukup lengkap di kelasnya.

Salah satu produk dari Evercoss yang akan kami review adalah Evercoss AT7S. Yaitu phablet dengan ukuran layar 7 inch IPS LCD dengan resolusi 1024 x 600 Pixel. Berjalan dengan sistem operasi Android KitKat 4.4.2 dan mendukung jaringan 3G HSDPA dual SIM.

Dengan banderol harga Rp1 Jutaan saja, Evercoss AT7S menawarkan fitur cukup baik di kelasnya. Selain itu, desainnya terbilang keren, mewah, dan tipis untuk kategori phablet 7 inch. Langsung saja, berikut review Evercoss AT7S yang sudah kami coba:

Processor, RAM, & GPU

Evercoss AT7S diotaki oleh processor Quad Core 1.3 GHz dari Mediatek dengan RAM sebesar 1 GB dan memori internal (ROM) 8 GB. Untuk sektor grafis, tablet ini dibekali dengan GPU dari Mali-400 (Yakni MP Series, antara MP atau MP2).

Dan uniknya ada sedikit perbedaan dalam beberapa tes benchmark yang sudah kami lakukan, bahwa ada perbedaan hasil informasi mengenai spesifikasi hardware seperti processor dan versi gpu yang digunakan.

Kami lakukan pengujian dengan menggunakan software AnTuTu Benchmark dan CPU-Z, terbaca bahwa Evercoss AT7S ini menggunakan CPU dari Mediatek seri MT8382 yang berpasangan dengan GPU Mali-400 MP. Namun saat kami tes dengan menggunakan software GFXBench, terbaca bahwa phablet ini menggunakan CPU Mediatek MT6582 yang berpasangan dengan GPU Mali-400 MP2.

Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca pada ulasan tes performa dan benchmark di bawah.

Kamera

Memiliki kamera belakang bersensor 8 Megapixel + LED Flash dan kamera depan 5 Megapixel, yang cukup baik untuk menunjang aktivitas selfie. Dilengkapi dengan beberapa pengaturan seperti autofocus, face detection, smile detection, voice capture, HDR, burst shot, ISO, face beauty, dan lain-lain. Sedangkan untuk kualitas videonya sudah cukup baik, karena mampu merekam video kualitas HD 720p dengan 30 fps (frame per second).

Bonus Paket Pembelian

Disini Evercoss cukup berbaik hati dengan menyertakan berbagai bonus dalam paket pembelian. Isi dalam box sudah disertakan seperti USB OTG (On the go), earphone, anti gores, dan Flip cover. Selain itu, seperti biasa juga terdapat kepala charger/adapter beserta kabel USB di dalamnya.

evercoss-at7s-unboxing-review
Foto unboxing Evercoss AT7S ini diambil dengan menggunakan kamera 8 MP milik AT7S itu sendiri

Flip Cover Gratis

Flip cover berguna sebagai pelindung layar tambahan sekaligus bentuknya yang bisa ditekuk, menjadikannya bisa digunakan sebagai sandaran bagi tablet itu sendiri, misalnya untuk menonton film atau membaca buku.

evercoss-at7s-flip-cover

Box Evercoss AT7S

evercoss-at7s-box-front-back

Review Evercoss AT7S

Setelah melihat-lihat bentuk box dan bonus paket pembelian, kini kita lanjutkan ke tahap review. Sebelum itu, silakan lihat terlebih dahulu spesifikasi lengkap Evercoss AT7S berikut ini:

Spesifikasi Evercoss AT7S

TAHUN
Tahun: 2015

GENERAL
Network: GSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100

LAYAR
Ukuran: 1024 x 600 pixels, 7.0 inches (~170 ppi pixel density) IPS LCD
Tipe: Multi touch 5 point capacitive touchscreen, 16M

AUDIO
Vibration; MP3, WAV ringtones
Jack: 3.5mm jack
Speakerphone: Ya

MEMORY
Internal: 8 GB, 1 GB RAM
Eksternal: microSD, up to 32 GB

DATA
3G: HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
EDGE: Ya
GPRS: Ya
WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth: v4.0, A2DP
USB/Port: microUSB v2.0, USB OTG

KAMERA
Primer: 8 M, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR
Sekunder: 5 MP
Video Record: 720p@30fps

BATERAI
Tipe: Non-removable Li-Ion 3100 mAh

FITUR
OS: Android OS, v4.4.x (KitKat)
CPU: MediaTek MT6582 Quad-core 1,3GHz Cortex-A7
GPU: Mali-400 MP2
Browser: HTML
GPS: A-GPS
Messaging: SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Fitur Tambahan: Java MIDP emulator, Radio FM, Active noise cancellation with dedicated mic, Photo/video editor, Document viewer

FITUR LAIN
Multiple SIM: Dual SIM GSM
Video Player: MP4/WMV/H.264 player
MP3 Player: MP3/WAV/eAAC+ player
Audio Record: Ya

Benchmark

Test performa berdasarkan software AnTuTu Benchmark v5.7.1 mendapatkan skor 17483. Skor ini terbilang baik untuk kategori tablet dikelasnya.

evercoss-at7s-antutu-benchmark-score

Berikut informasi hardware yang ditampilkan oleh software CPU-Z.

evercoss-at7s-cpu-z

Sebagai informasi tambahan, bahwa penggunaan resource seperti RAM dan memori yang terlihat di screenshot mungkin berkurang drastis karena memang sedang digunakan oleh banyak aplikasi yang aktif pada saat dilakukan pengetesan dengan menggunakan software CPU-Z tersebut.

GPU yang digunakan Mali-400 MP atau Mali-400 MP2 ?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika melihat hasil tes dari software AnTuTu Benchmark dan CPU-Z di atas memang sama-sama kompak menginformasikan bahwa Evercoss AT7S ini menggunakan processor dari Mediatek MT8382 yang berpasangan dengan GPU Mali-400 MP. Namun berbeda halnya jika dites dengan menggunakan software GFXBench. Hasil dari GFXBench membaca bahwa phablet AT7S ini menggunakan CPU Mediatek seri MT6582 yang berpasangan dengan GPU Mali-400 MP2.

evercoss-at7s-gfxbench-mali400mp2

Memang bikin bingung mana yang benar. Antara Mali 400 MP atau Mali 400 MP2, melihat keduanya masuk dalam kategori GPU yang sudah berbeda kelas. Namun untuk membuktikannya lebih baik dengan melakukan pengujian langsung. Dan dari hasil performa yang ditunjukkan, ternyata phablet Evercoss AT7S ini mampu menjalankan berbagai game keluaran terbaru dengan grafis yang tergolong bagus untuk kelas menengah ke atas. Melihat performanya seharusnya dapat disimpulkan bahwa Evercoss AT7S ini memang menggunakan GPU Mali 400 MP2.

Test Game: Asphalt 8, Modern Combat 5, Dead Trigger 2, GTA San Andreas, Need for Speed Most Wanted, dll

Yang menarik dari Evercoss AT7S ini cukup mampu menjalankan berbagai game terbaru saat ini dengan cukup baik. Beberapa game populer sudah kami coba dan dapat berjalan dengan baik di tablet ini. Meskipun begitu, sesekali tetap ada sedikit frame drop namun secara keseluruhan masih playable dan seru untuk dimainkan.

Asphalt 8: Airborne

Game balap dan action yang sangat populer ini juga sangat lancar dimainkan di Evercoss AT7S. Gameplay cukup smooth dan tidak ada lag yang berarti.

asphalt8-evercoss-at7s

Untuk pengaturan grafis visual quality bisa mencapai level High.

asphalt8-evercoss-at7s-high-settings

Modern Combat 5 (MC5)

Modern Combat 5 adalah salah satu game fps peperangan dengan kualitas grafis yang bagus untuk kelas game mobile saat ini. Beruntungnya, tablet Evercoss AT7S ini bisa memainkan game ini dengan cukup baik.

evercoss-at7s-modern-combat-5

evercoss-at7s-modern-combat-5-gameplay

Need for Speed Most Wanted

Game racing yang dulu populer di PC dan cukup legendaris sampai sekarang ini juga dapat berjalan mulus di Evercoss AT7S.

need-for-speed-most-wanted-mali400mp2-evercoss-at7s

Bagaimana dengan game lain?

Jika beberapa game dengan kualitas grafis yang bagus seperti di atas saja bisa dijalankan dengan baik, maka untuk game lain juga seharusnya tidak ada masalah. Game lainnya yang sudah kami coba dan dapat berjalan dengan baik adalah: GTA San Andreas, Dead Trigger 2, SBK 14, MARVEL Future Fight, Bug Buggy Racing, Manuganu 2, GUNSHIP BATTLE, Royal Revolt 2, Trials Frontier, Dragon Hills, Etherlords, Clash of Clans, SHADOWGUN, NOVA 3, PES, FIFA 15 Ultimate Team, dan masih banyak lagi.

Evercoss AT7S Bisa Putar Video Kualitas HD

Evercoss AT7S bisa memutar beberapa format video populer kualitas HD 720p dan full HD 1080p dalam hal playback. Selain MP4, phablet ini juga sudah mendukung format MKV, yang biasa digunakan untuk memutar film.

Tidak perlu khawatir jika biasanya kamu menonton film di PC atau laptop, maka saat kamu ingin copy dan menontonnya di phablet ini kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk convert videonya.

Berikut contoh film animasi dari Big Hero 6 yang sudah kami coba putar dan ditampilkan juga beserta subtitlenya dengan menggunakan aplikasi MX Player.

evercoss-at7s-playback-video-full-hd-720p-1080p

Support USB OTG

Seperti yang sudah kami sebutkan, Evercoss AT7S mendukung konektivitas USB On the Go. Yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat yang menggunakan slot USB ke phablet ini. Dengan USB OTG, kamu bisa copy paste file dari flash disk langsung ke phablet ini. Atau jika ingin memainkan game di phablet ini dengan joystick juga bisa.


Berapa Harga Evercoss AT7S?

Jujur saja, kami membeli phablet ini di website Lazada.co.id dengan harga Rp1,1 Juta saja (lebih tepatnya Rp1.089.000). Awalnya phablet ini dibanderol dengan harga Rp1.189.000.

evercoss-at7s-lazada-murah
Evercoss AT7S di Lazada

Namun karena kami membelinya melalui aplikasi Android Lazada (karena kebetulan sedang ada promo) kami mendapatkan potongan Rp100 ribu dengan menggunakan coupon code APP100 ketika itu.

Link di Lazada: http://www.lazada.co.id/evercoss-at7s-8-gb-hitam-gratis-flipcover-hitam-antigores-original-1172776.html (Seller: RHACELLINDO MULTIMEDIA).


Kelebihan Evercoss AT7S:

  • Desain tipis dan ada lapisan metal lasing. Terlihat keren dan cukup mewah (mirip Sony Xperia Z Series)
  • Dalam paket pembelian selain charger dan earphone, disertakan juga bonus flip cover, anti gores, dan kabel USB OTG
  • Fitur kamera lumayan lengkap. Kamera 8 MP Belakang + LED Flash dan 5 MP Depan (cukup baik untuk kategori phablet ataupun tablet)
  • Support USB OTG
  • Layar IPS LCD 5 point sentuhan

Kekurangan Evercoss AT7S:

  • Tidak ada sensor gyroscope
  • Tidak ada kompas digital (meskipun dalam website resminya tertulis e-compass, tetapi setelah kami coba install aplikasi compass, muncul pesan error bahwa device tidak memiliki fitur kompas)
  • Dalam website resminya tertulis mendukung fitur Hotknot. Namun entah kenapa kami tidak menemukan pengaturan untuk fitur tersebut
  • Jaringan masih 3G HSDPA, belum 4G LTE
  • Plastik penutup slot untuk mengganti SIM card terkesan ringkih dan sangat mudah terlepas dengan sentuhan lembut sekalipun. (Namun bisa diatasi dengan memasang flip cover yang diberikan sebagai pelindung untuk menutup bagian tersebut).

Kesimpulan

Evercoss AT7S hadir dengan berbagai fitur yang lumayan lengkap dan cukup menarik. Walaupun ada beberapa kekurangan seperti yang sudah kami sebutkan, tetapi AT7S ini cukup baik dikelasnya untuk kategori phablet/tablet, melihat harganya yang dibanderol cukup terjangkau, yakni hanya Rp 1 Jutaan saja, kami rasa sudah cukup pas dengan fitur yang ditawarkannya.

Info Tambahan:

Bagi kamu pengguna Evercoss AT7S, kamu bisa bergabung ke komunitasnya di grup Facebook. Kamu bisa bertanya atau sharing dengan sesama pengguna lainnya. Beberapa tutorial sudah dijelaskan dalam grup tersebut, salah satunya adalah tutorial cara mudah root Evercoss AT7S dengan software KingRoot.

Grup Facebook Evercoss AT7S: https://www.facebook.com/groups/EverCossAT7S/

Sekian review dari kami, semoga bisa menjadi referensi dan bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau ingin sharing, jangan sungkan untuk meninggalkan komentarnya pada kolom komentar di bawah ini 🙂 Terima kasih

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.