surfeasy-vpn

Apa itu VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yang merupakan layanan akses jaringan secara pribadi, rahasia, dan aman. Maksudnya adalah VPN ini bisa digunakan untuk menyembunyikan IP Address asli pada komputer kita, sehingga ketika kita menjelah internet, membuka website, dan sebagainya. Mereka (orang lain, pihak website atau ISP) tidak akan tahu dari mana asal kunjungan kita, karena alamat IP Address pada komputer kita yang sebenarnya tidak akan terbaca.

Fungsi VPN

Fungsi umum lainnya, VPN ini juga bisa digunakan untuk membuka website yang di blokir oleh operator jaringan. Serta bisa juga digunakan untuk merubah alamat IP Address kita dari Indonesia menjadi IP Address dari negara lain, sehingga kita terbaca sebagai orang asing oleh pihak lain. Itu semua bisa dilakukan karena kita mengakses data melalui server jaringan dari pihak penyedia VPN tersebut.

Salah satu software yang dibuat khusus untuk menyediakan akses layanan VPN yang gratis dan cukup bagus adalah SurfEasy VPN.

Apa itu SurfEasy?

SurfEasy merupakan penyedia layanan akses ke VPN dalam bentuk software. Pengguna diharuskan membuat akun terlebih dahulu pada situs mereka. Lalu download software VPN client-nya, kemudian install pada perangkat seperti PC, tablet, ataupun smartphone untuk login ke akun SurfEasy. SurfEasy menyediakan layanan VPN dengan fitur berbayar tetapi juga ada fitur yang gratisnya.

surfeasy-vpn-plan-teksnologicom
Paket berlangganan yang ditawarkan oleh SurfEasy VPN.

 

Kelebihan SurfEasy (untuk yang versi gratisnya) diantaranya:

  • Gratis, (kuota 500MB/bulan). Namun kuota dapat terus ditambah secara gratis tanpa batas, dengan cara mengundang orang untuk bergabung. Akan mendapat kuota tambahan 500MB setiap kali ada orang yang bergabung melalui undangan kamu.
  • Software VPN client-nya sangat mudah digunakan.
  • Proses login dan terhubung ke jaringan VPN sangat cepat.
  • Bisa memilih akses ke server VPN dari beberapa negara populer di dunia. Tersedia pilihan lebih dari 13 negara.
  • Bisa login ke beberapa device. Selain dari Windows dan Mac, termasuk Android serta beberapa perangkat mobile smartphone lainnya.  Dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan SurfEasy VPN Client

Tertarik untuk mencoba SurfEasy VPN? Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Kunjungi SurfEasy.com (jika daftar melalui undangan TEKSNOLOGI.COM, kamu akan mendapat bonus kuota gratis 250MB, sehingga menjadi 750MB kuota perbulannya). Silahkan registrasi untuk membuat akun baru pada link tersebut. Atau klik disini.

2. Jika sudah registrasi, silahkan login. Nanti akan masuk ke member area atau dashboard.

3. Download softwarenya, pilih sesuai dengan device atau perangkat yang kamu gunakan.

surf-easy-vpn-account-free

4. Kemudian install, dan jalankan software-nya. Untuk contoh disini, kami mencobanya pada OS Windows. Jika aplikasinya tidak langsung muncul, kamu bisa klik icon SurfEasy yang ada di system tray (pojok kanan bawah dari taskbar Windows).

Selanjutnya login dengan akun SurfEasy kamu. Sebagai contoh, berikut tampilan SurftEasy pada komputer Windows 10.

surf-easy-vpn-login-windows10

5. Masukkan alamat email dan password SurfEasy yang sudah kamu buat sebelumnya, lalu klik tombol Login. Nanti SurfEasy akan secara otomatis langsung terkoneksi ke server VPN mereka.

6. Selesai. Jika berhasil akan ada notifikasi di system tray bahwa SurfEasy telah aktif, silahkan berinternet seperti biasa.

Hasilnya?

Untuk mengetahui apakah software ini sudah bekerja atau belum. Silahkan kunjungi website ipaddress.com untuk mengecek IP Address komputer dan lokasi kamu. Jika lokasi dan alamat IP Address kamu terdeteksi dari negara lain, alias bukan dari lokasi kamu yang sebenarnya, berarti VPN dari SurfEasy sudah aktif.

Sebelum

Sebelum menggunakan VPN, IP Address publik kami terbaca lokasinya berada di Jakarta, Indonesia.

ipaddress-without-vpn-surfeasy-teksnologicom

Sesudah

Akan tetapi setelah menggunakan VPN (SurfEasy), IP Address kami diubah dan terbaca lokasinya berada di San Jose, California, Amerika Serikat. Jauh sekali kan, padahal aslinya kami berada di Indonesia.

ipaddress-with-vpn-surfeasy-teksnologicom

 

Kesimpulan

Meskipun layanan dari jaringan VPN ini bisa digunakan untuk melakukan penyamaran dalam jaringan, ataupun membuka website yang diblokir operator. Namun, belum tentu juga VPN dapat digunakan untuk internet gratis (biasanya banyak orang yang juga memanfaatkan VPN ini untuk internetan secara gratis tanpa terpotong pulsa). Jadi, harap gunakan dengan bijak.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.