intro-histats-vs-statcounter-teksnologicom

Bagi kebanyakan blogger atau para pemilik website, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Histats dan StatCounter. Kedua layanan online tersebut memang sering digunakan oleh para pemilik website untuk mengetahui seberapa banyak visitor yang datang ke website mereka dan dari mana saja asal kunjungan traffic-nya.

Namun sudah tahukah kamu fakta mengenai kedua merek tersebut yang sejatinya berbeda perusahaan namun menawarkan layanan dengan fungsi yang secara umum dapat dikatakan sama? Kini mereka (Histats.com dan StatCounter.com) masih terus bersaing cukup ketat.

Histats vs StatCounter

Dan pada artikel kali ini, kami akan coba untuk membandingkan keduanya. Dengan melihat fungsionalitas serta kepopulerannya pada tiap negara dan juga berdasarkan fakta yang ada.

Bicara mengenai fakta dan agar lebih independen atau tidak memihak, maka kita bisa lihat terlebih dahulu ranking situs berdasarkan penilaian Alexa.com dan Google PageRank. (Pagerank, makin besar angkanya, makin baik, sedangkan Alexa Rank, makin kecil angkanya, makin baik). Berikut datanya:

Histats pagerank 7, Alexa rank 600-700-an (Lihat langsung)

 

StatCounter pagerank 8, Alexa rank 500-600-an (Lihat langsung)

Dari data diatas, dapat disimpulkan bahwa ternyata StatCounter memiliki traffic lebih besar dari pada Histats. Sedikit clue yang sudah bisa kita tebak dari awal review ini, bahwa StatCounter dalam ranking dunia ternyata memang lebih popular dari pada Histats.

Namun faktanya, Histats sangat populer di Indonesia. Pengguna terbesar Histats dari seluruh negara, justru kebanyakan adalah pengguna dari Indonesia. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data milik perusahaan SimilarTech.

Histats Memang Lebih Populer di Indonesia. Namun StatCounter Lebih Populer Dunia.

Berdasarkan hasil survey lengkap yang ditampilkan oleh website SimilarTech, terlihat bahwa Histats merajai pasar Indonesia. Histats paling banyak digunakan di Indonesia, Thailand, Italia, Iran dan 28 negara lainnya.

histats-usage-popularity-in-the-world

Sedangkan yang lebih mencengangkan, ternyata StatCounter malah lebih banyak digunakan oleh kebanyakan negara-negara maju dan beberapa negara dengan penduduk terbanyak. StatCounter lebih banyak digunakan di Amerika Serikat, Inggris, Canada, India, serta 167 negara lainnya.

statcounter-usage-popularity-in-the-world

Market Share (Pangsa Pasar Secara Geografis)

histats-vs-statcounter-compare-teksnologicom

Lalu Mana yang Terbaik. Histats ataukah StatCounter?

Melihat data statistik dan fakta sebelumnya diatas dapat disimpulkan bahwa StatCounter lebih menguasai pasar dunia dari pada Histats. Dan jika kita bicara mana yang lebih baik diantara keduanya, dapat kita lihat juga dari segi kepopuleran penggunaannya. Tentu semakin banyak penggunanya besar kemungkinan untuk lebih mendapat banyak kepercayaan dari para pengguna.

Pastinya kamu bisa menyimpulkannya sendiri. Namun yang perlu diketahui juga bahwa teknologi akan selalu berubah, dominasi mengenai data statistik diatas juga akan bisa terus berubah tergantung bagaimana inovasi yang mereka hadirkan pada layanan mereka kedepannya.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.