Besok Windows 10 akan dirilis, lebih tepatnya pada 29 Juli 2015. Ini artinya masih ada waktu 1 hari lagi sejak dibuatnya tulisan ini untuk bisa bersiap-siap menjajal sistem operasi teranyar dari Microsoft saat ini. (UPDATE: Windows 10 sudah dirilis!)

Bagi sebagian pengguna, proses upgrade ke Windows 10 adalah hal yang menakutkan. Pasalnya, banyak yang masih ragu atau takut jika nanti proses upgrade gagal ditengah jalan. Untuk itu, sebelum kamu berniat untuk upgrade, sebaiknya backup-lah terlebih dahulu berbagai file data yang ada di komputer kamu untuk berjaga-jaga.

Apa yang Baru di Windows 10?

Tentu saja di versi baru ini terlihat lebih “halus” dengan ditanamkannya berbagai fitur dan tampilan baru yang lebih segar. Salah satu fitur terbaru di Windows 10 sebut saja aplikasi Cortana. Yakni asisten virtual yang sebelumnya lebih dulu memulai debutnya di perangkat Windows Phone, kini hadir ke versi desktop. Jika kamu pernah menggunakan “Siri” atau “Google Now”, kamu pasti tahu bagaimana cara kerja dari Cortana yang jauh lebih baik karena mampu mendengarkan berbagai perintah suara kamu.

Selain Cortana, Microsoft juga menghadirkan web browser baru yang dinamakan dengan Microsoft Edge sebagai pengganti Internet Explorer. Yang mengejutkan, dalam tes pengujian oleh Microsoft, ternyata Edge mampu jauh lebih cepat dari pada Google Chrome!

Bagi yang memiliki Xbox One, Windows 10 menawarkan kemampuan untuk streaming game dari konsol kamu ke PC manapun.

Haruskah Upgrade ke Windows 10?

windows10-pc-notebook-phone

Yap, Windows 10 menyatukan segala sesuatu yang banyak disukai pengguna di Windows 7 dengan beberapa elemen dari Windows 8 yang benar-benar bekerja dengan baik. Terlebih upgrade ini benar-benar gratis untuk kamu yang saat ini sedang menggunakan Windows 7 ataupun Windows 8.

Upgrade ke Windows 10 benar-benar gratis selamanya untuk kamu yang segera upgrade pada jangka waktu 1 tahun pertama. Maksudnya adalah kamu diberi kesempatan untuk segera upgrade di tahun pertama ini (sejak dirilisnya pada 29 Juli nanti). Dan jika kamu baru upgrade di tahun berikutnya, maka Windows 10 akan menjadi $120 untuk versi Home dan $200 untuk versi Pro. Maka dari itu, segera upgrade jika memang kamu membutuhkannya, mumpung gratis. Sekali lagi, gratis selamanya bagi kamu yang segera melakukan upgrade pada tahun ini saja!

Persyaratan Upgrade ke Windows 10 (System Requirements)

windows10-system-requirements

Seperti yang bisa kamu lihat pada screenshot di atas bahwa syarat upgrade ke Windows 10 sebenarnya tidak membutuhkan persyaratan minimum spek komputer yang tinggi. Jika diperhatikan syarat upgrade ke Windows 10 masih setara seperti syarat upgrade untuk Windows 7 dan 8.

Spesifikasi minimal yang dibutuhkan seperti processor 1 Ghz, RAM 1 GB (2 GB untuk 64-bit), dan sekitar 20 GB ruang hard disk kosong.

Bagaimana Cara Upgrade ke Windows 10?

Untuk upgrade ke Windows 10 tentu saja kamu sudah harus masuk dalam daftar antrian (reserve). Untuk bisa mendaftar dalam antrian upgrade, kamu harus mengaktifkan fitur Windows Update di Windows 7/8 yang saat ini sedang kamu gunakan. Dalam update Windows tersebut sudah disediakan menunya untuk mendaftar. Icon Windows 10 juga akan selalu aktif di system tray bagian kanan bawah.

windows10-upgrade-icon-system-tray

Jika icon tersebut kamu klik dan kamu sudah mendaftar, maka informasi sederhana seputar Windows 10 akan ditampilkan pada jendela aplikasi tersebut.

get-windows10-free

Berapa Ukuran (File Size) Windows 10?

File size atau besar ukuran file dari Windows 10 mencapai 3 GB. Memang cukup besar, maka dari itu disarankan untuk menggunakan koneksi internet yang memadai, karena file akan di download di background system.

Kesimpulan

Windows 10 sebagai sistem operasi teranyar dari Microsoft saat ini menawarkan berbagai fitur baru yang memadukan berbagai elemen desain dari Windows 7 dan Windows 8. Microsoft menawarkan upgrade ke Windows 10 gratis untuk selamanya bagi pengguna Windows 7/8 original yang segera melakukan upgrade pada tahun pertama ini. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi kamu yang ingin mencoba berbagai fitur yang ditawarkan di Windows 10.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.