Cara mengambil screenshot di komputer sangat mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama PicPick. Kita bisa mengambil berbagai gambar (capture) dari tampilan window ataupun aplikasi yang ada di komputer dengan menggunakan software PicPick tersebut.

Kami merekomendasikan PicPick karena software ini memang sudah cukup populer digunakan dan merupakan aplikasi gratis untuk mengambil screenshot dengan fitur paling lengkap.

Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh software PicPick:

1. Screen Capture: Yakni fitur yang dapat mengambil gambar screenshot di layar komputer dengan mode pengambilan dari berbagai sudut (angle) yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Yaitu terdiri dari:

Full-screen, Active window, Window control, Scrolling window, Region Fixed, region Freehand, Repeat last capture, Capture widget, Capturing with cursor, Delayed capture, Auto-save.

Dengan begitu, kita bisa menentukan bagian-bagian mana saja dari tampilan window atau aplikasi yang ingin diambil screenshotnya dengan lebih spesifik. Baik full screen, hanya window yang sedang aktif, atau menentukan hanya titik-titik dari sudut tertentu saja yang ingin diambil. Semua sudah tersedia di PicPick.

PicPick screenshot2

 

2. Image Editor: Fitur ini sangat berguna untuk mengedit gambar setelah kita mengambil screenshot di PicPick. Proses editing dapat langsung dilakukan setelah screenshot berhasil diambil. Misalnya untuk memberi keterangan pada gambar, baik berupa tulisan dengan textbox, tanda panah atau shape, serta berbagai tool-tool yang sangat berguna untuk pernak-pernik editing screenshot.

screenshot3

 

3. All in One Screen Capture Tool: Tidak hanya sekedar aplikasi untuk mengambil screenshot saja. PicPick juga menyediakan berbagai tool untuk keperluan editing screenshot. Terdiri dari Color Picker, Color Palette, Pixel Ruler, Magnifier, Crosshair, Whiteboard, dll.

screenshot5

 

Cara Menggunakan PicPick Untuk Mengambil Screenshot di Layar Komputer

  1. Install PicPick terlebih dahulu.
  2. Setelah terinstall, jalankan PicPick.
  3. Klik kanan Icon PicPick pada system tray (icon di taskbar yang berada di kanan bawah layar).
  4. Setelah itu aktivitas screenshot akan bisa dilakukan.

how-to-use-picpick

Itu dia cara screenshot di komputer dengan menggunakan aplikasi PicPick. Jika kamu tertarik ingin mencoba PicPick sebagai aplikasi untuk mengambil screnshot di komputer Windows ataupun laptop kamu, silahkan download softwarenya melalui website resmi PicPick di link berikut: http://www.picpick.org/

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.