Untuk pemula yang baru belajar gitar biasanya sedikit kesulitan dalam mengenali nada gitar. Terutama jika nada pada gitar belum distem, maka suaranya akan terdengar fals.

Untuk itu, kamu perlu menyetel nada gitar, atau istilah populernya disebut “nyetem gitar”.  Ada beberapa aplikasi untuk pengguna smartphone yang menyediakan layanan untuk menyetem gitar tersebut yang masuk dalam kategori aplikasi guitar tuner. Salah satu aplikasi terbaik untuk tune gitar adalah aplikasi bernama Guitar Tuna.

Cara Kerja Aplikasi Guitar Tuna

Aplikasi Guitar Tuna terbilang akurat dalam mengenali nada gitar yang dimainkan. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan mengandalkan mikrofon dari smartphone milikmu dan aplikasi Guitar Tuna akan mampu mengenali bunyi atau nada gitar yang kamu mainkan.

Cara Stem Gitar dengan Aplikasi Guitar Tuna

  1. Ambil gitarmu.
  2. Buka aplikasi Guitar Tuna.
  3. Biarkan aplikasi Guitar Tuna berjalan.
  4. Pastikan Guitar Tuna berada pada menu “Tuner”.
  5. Kemudian petik/bunyikan satu senar saja tanpa menekan kunci apapun pada gitar kamu. Kamu bisa memulainya dari senar 1 terlebih dahulu. (Belum tahu senar 1? Senar 1 terletak paling bawah dan paling tipis dari senar lainnya).
  6. Guitar Tuna akan secara otomatis mendeteksi dan mengenali senar berapa yang sedang kamu petik melalui bunyi yang tertangkap pada microphone di smartphone kamu.
  7. Disinilah poin utama untuk stem gitarnya. Petik terus senar gitarmu dan buatlah sampai nada yang dipetik menyentuh pas posisi garis tengah dari “Standard Tuning”.
  8. Jika muncul pesan Too low, itu artinya nada terlalu rendah maka kamu harus menaikkan nadanya lagi (putar tuas pada kepala gitar untuk mengencangkan senar). Sedangkan jika muncul pesan Too high, berarti nada terlalu tinggi, maka kamu harus mengendurkan senarnya sampai benar-benar pas.
  9. Jika Guitar Tuna menampilkan icon tanda ceklis/centang berwarna hijau, itu artinya kamu sudah berhasil stem satu senar gitar.
  10. Lakukan cara yang sama pada senar gitar yang lain. Karena secara umum senar gitar berjumlah 6 senar. Maka kamu bisa mulai dari senar 1 terlebih dahulu, dilanjutkan senar 2,3,4,5, dan 6.

Jika semua senar sudah diatur atau diset ke standard tuning, maka kamu sudah berhasil menyetem gitar melalui aplikasi Guitar Tuna. Coba mainkan gitarmu, dan dengarkan nadanya apakah fals atau tidak.

Bisa Untuk Belajar Mengenali Kunci Gitar (Chord Gitar)

Aplikasi Guitar Tuna juga menyediakan fitur bernama Guitar Chord Library, yang berguna untuk belajar mengenali kunci gitar. Setiap kunci gitar akan ditampilkan satu persatu dalam aplikasi ini disertai dengan gambar dari susunan fretnya.

guitar-tuna-chrod-gitar-smartphone

Misalnya untuk contoh sederhana seperti gambar di atas menunjukkan kunci gitar C major, yang dapat kamu tiru cara penempatan posisi untuk setiap jari-jari tanganmu.

Tersedia Untuk Android, iOS, dan Windows Phone

Guitar Tuna dapat kamu jalankan di perangkat smartphone dengan sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone. Untuk mendownloadnya silahkan kunjungi link berikut:

Tersedia versi gratis dan berbayar (pro), namun untuk versi gratisnya juga sudah cukup lengkap untuk kamu gunakan. Sekian, selamat belajar gitar dan semoga bermanfaat.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.