Pernahkah ketika sedang mendengarkan suatu musik atau lagu entah itu dari radio atau televisi misalnya, tetapi kamu tidak kenal judul lagu maupun siapa penyanyinya?

Jika lagu yang sedang kamu dengarkan tersebut enak dan kamu suka, bisa saja kamu akan penasaran dan mencari tahu apa judul lagu tersebut.

Untuk mencari tahunya kamu bisa saja bertanya kepada teman, namun bagaimana kalau ternyata mereka juga tidak tahu? Untuk itulah, kamu bisa memanfaatkan berbagai tool yang ada di internet untuk mencari tahunya.

Berikut dua cara mudah mengetahui judul lagu yang tidak kita kenal versi Teksnologi:

Cara Pertama: Mencari Judul Lagu dengan Cara Googling Lirik Lagunya

Sudah sangat lumrah diketahui banyak orang bahwa untuk mencari berbagai informasi dapat dengan mudah kita dapatkan jawabannya jika kita mencarinya dari Google.

Namun sebagian masih banyak juga yang belum menyadarinya melalui cara mudah seperti ini.

Lalu bagaimana jika ingin mencari informasi lagu yang kita dengar dari Google? Mudah saja, pertama kamu dengarkan baik-baik setiap lirik lagu yang dinyanyikan.

Setelah itu kamu ketikkan kata-kata dari lirik lagu tersebut di kotak pencarian Google, dan jangan lupa untuk menambahkan keyword “Lirik” atau “Lyric” untuk lagu dalam bahasa Inggris di dalamnya supaya lebih spesifik.

Sebagai contoh, misalnya di sini sebenarnya kamu sedang mendengarkan lagu dari Ellie Goulding dengan judul I Need Your Love.

Anggaplah kamu belum kenal dengan lagunya, tetapi setelah kamu pahami liriknya dan mencari bagian kata dari lirik tersebut di Google, misalnya seperti ini:

I need your love I need your time When everything’s wrong You make it right lyrics

Maka hasilnya, akan langsung ditampilkan oleh Google siapa artis penyanyinya dan apa judul lagunya.

cara-mencari-judul-lagu-di-google

 

Cara Kedua: Melalui Aplikasi Smartphone (TrackID, Shazam, SoundHound)

Cara pertama (mencari di Google) cocok digunakan jika kamu mendengarkan lagu yang memang ada vokal dan liriknya di dalamnya.

Namun bagaimana jika musik yang kamu dengarkan hanya berupa instrumen musik tanpa adanya vokal?

Tentunya tidak bisa dengan mudah kamu cari di Google atau bahkan sangat tidak efisien karena memang tidak ada kata-kata lirik yang bisa kamu cari.

Coba Aplikasi TrackID

Untuk itu, cara kedua ini lebih mudah lagi. Kamu bisa menggunakan aplikasi berbasis mobile dari smartphone kamu. Dan nama aplikasinya adalah TrackID.

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Sony Mobile Communications, yang dulu sangat ekslusif karena hanya dapat ditemukan di ponsel Java merek Sony Ericsson sebagai aplikasi bawaan.

Bahkan sampai sekarang pun aplikasi ini masih tetap populer tetapi dengan dikembangkannya lagi untuk sistem operasi Android.

Cara Menggunakan Aplikasi TrackID

Cara menggunakan aplikasi TrackID juga sangat mudah, cukup hanya dengan klik tombol “recognize”, maka secara otomatis aplikasi ini akan mengidentifikasi lagu yang sedang diputar dengan memanfaatkan mikrofon yang ada di smartphone kamu untuk mendengar dan menerima suara dari luar.

Tampilan aplikasi TrackID Android ketika mengidentifikasi 4 buah musik
Tampilan aplikasi TrackID Android ketika berhasil mengidentifikasi 4 buah musik

Alternatif lain dari aplikasi TrackID adalah aplikasi Shazam dan SoundHound, yang sebagian bisa digunakan untuk sistem operasi selain Android seperti iOS ataupun Windows Phone.

Ketiga aplikasi tersebut bisa membantu kamu mencari dan mengidentifikasi musik yang sedang kamu dengarkan, lengkap dengan informasi album dan tahun rilisnya. Sangat membantu sekali bukan?

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, silahkan download melalui link berikut:

TrackID untuk Android Shazam untuk Android SoundHound untuk Android Shazam untuk iOS SoundHound untuk iOS Shazam untuk Windows Phone

 

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.

  • Yusron Hapis M

    bagaimana untuk pengguna laptop, belum ada ya ?