android-equalizer-music-bass-booster-teksnologicom

Cara meningkatkan kualitas audio di perangkat Android memang sangat mudah. Ada banyak software equalizer yang bisa meningkatkan kualitas audio dengan fitur bass booster yang cukup efektif.

Kualitas Headset yang Pas-pasan?

Jika kamu suka mendengarkan musik melalui headset/headphone dengan kualitas standar, biasanya dentuman bass dari musik tersebut memang terasa kurang, atau bahkan terdengar pecah. Sehingga “ritual” mendengarkan musik pun jadi kurang nikmat.

headphone-teksnologicom

Headphone standar yang beredar di pasaran rata-rata dijual dengan harga mulai dari Rp.50.000. Dan memang, ada harga ada rupa. Untuk jenis headphone dengan rentang harga tersebut biasanya hanya menghasilkan kualitas suara yang standar atau biasa-biasa saja.

Lalu Bagaimana Solusinya?

Kamu bisa menggunakan software equalizer untuk meningkatkan dentuman bass saat mendengarkan musik. Walaupun terlihat sederhana, namun cara kerja software ini cukup efektif.

Tentunya cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif yang gratis, dari pada kamu membeli headphone dengan harga ratusan atau bahkan jutaan rupiah hanya untuk mendengarkan musik. Kecuali kamu adalah seorang profesional di bidang itu, semisal DJ, Composer, Producer, dsb.

Gunakan Software Equalizer & Bass Booster

Beruntungnya, sistem operasi Android yang open source ini cukup kaya akan aplikasi. Ada cukup banyak software equalizer yang bisa kamu download.

Lihat disini daftar lengkap software equalizer untuk Android

Music Volume EQ

Salah satu software equalizer yang gratis dan cukup baik adalah aplikasi bernama Music Volume EQ.

music-volume-eq-android-apps

Cara Menggunakan Aplikasi Music Volume EQ Untuk Meningkatkan Dentuman Bass Musik

Cara penggunaan software ini sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download & Install: Music Volume EQ di Google Play Store melalui link ini.
  • Kemudian jalankan software tersebut.
  • Buka aplikasi pemutar mp3 dan mainkan musik favorit kamu.
  • Lihat/buka kembali software Music Volume EQ yang sedang aktif di background.
  • Klik tombol ON yang terletak pada pojok kanan atas dari aplikasi Music Volume EQ tersebut. power-on-button-music-volume-eq-android
  • Lalu klik tombol EQ yang terletak pada bagian tengah aplikasi. eq-button-music-volume-eq-androidDisinilah kamu bisa mengatur tingkat equalizer dari musik yang sedang diputar. Tersedia opsi preset untuk kategori musik tertentu.

Namun kami sarankan untuk memilih mode manual. Cukup geser ke atas atau kebawah untuk menyesuaikan kualitas suara sesuai dengan karakteristik dari headset/headphone kamu.

bass-booster-music-volume-eq-android

Untuk meningkatkan bass, cukup geser ke atas tombol equalizer yang ada di paling kiri. Seperti contoh screenshot diatas. Ada juga pengaturan untuk treble pada tombol lainnya yang ada di sebelahnya.

Kamu bisa bereksperimen dengan mencoba menggeser satu persatu tombol tersebut, sampai kualitas audio dari musik yang sedang kamu dengarkan itu terasa pas.

Hati-hati Jika Ingin Mendengarkan Musik

warning

1. Penting! Harap diperhatikan, bahwa mendengarkan musik secara berlebihan sangat tidak direkomendasikan. Terutama jika menggunakan earphone, headset, headphone, atau apapun dengan suara yang keras, karena dapat merusak pendengaran telinga kamu.

2. Tidak hanya suara yang keras saja yang dapat merusak pendengaran. Karena jika kamu mendengarkan musik terlalu lama pun, akan bisa menyakiti telinga kamu, walaupun volume-nya sudah rendah. Karena telinga kamu akan terus bekerja.

3. Jangan mendengarkan musik sambil tidur, karena dikhawatirkan ketika kamu terlelap, musik akan terus berjalan, sementara kamu tidak akan menyadarinya bahwa telinga bagian dalam kamu sebenarnya sedang terluka.

4. Pada beberapa kasus, orang akan mengalami gejala telinga berdengung, nyeri, atau bahkan tuli permanen.

Penutup

Itu dia beberapa tips dan trik seputar meningkatkan kualitas suara audio di Android. Tentunya tetap harus memperhatikan juga peringatan diatas demi kesehatan kita semua.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.