Membangunkan perangkat Android yang sedang ‘tertidur’ atau biasa disebut dengan sleep memang sudah biasa jika hanya menekan tombol Power.

Selain itu, beberapa perangkat Android terbaru juga sudah mulai banyak yang dilengkapi dengan fitur smart gesture, yakni hanya dengan menyentuhkan jari ke layar sebanyak 2x, layar pun akan otomatis menyala. Namun cara seperti itu sudah terlalu mainstream. Untuk itu, ada cara lain yang lebih unik. Simak info lengkapnya berikut ini:

Membangunkan Layar Android Hanya dengan Gerakan Tangan dengan Aplikasi “Wake on Gesture”

Pada trik kali ini kamu bisa membangunkan/menghidupkan layar Android yang sedang dalam keadaan sleep tersebut hanya dengan gerakan tangan. Bahkan kamu juga tidak perlu menyentuh perangkat Android kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi untuk Android yang bernama “Wake on Gesture“. Simak contoh videonya berikut ini:

Sekilas, fitur ini mirip seperti yang ada pada perangkat Samsung Galaxy S6 sebagai fitur bawaan. Namun, kamu juga bisa membawa fitur seperti ini ke dalam perangkat Android kamu. Jadi, walau tidak punya Galaxy S6 sungguhan, kamu akan tetap bisa menggunakan fitur ini pada Android kamu.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Aplikasi “Wake on Gesture” tersebut menggunakan sensor yang terdapat dalam perangkat Android kamu. Sensor yang digunakan tersebut adalah proximity sensor.

motion-gesture-proximity-sensor-teksnologicom

Apa Itu Proximity Sensor?

Proximity sensor biasanya terletak pada bagian depan perangkat Android kamu. Serta terdapat beberapa lensa yang mirip seperti kamera. Ketika ada benda yang menghalangi atau melewati bagian lensa kecil tersebut, maka sensor biasanya akan bekerja.

Cara Menggunakan Aplikasi “Wake on Gesture”

Langkah 1: Download Aplikasi Wake on Gesture dari Playstore

Kunjungi halaman ini untuk mendownloadnya. Aplikasi ini sebenarnya tersedia dalam 2 versi, yakni berbayar dan gratis. Untuk contoh disini kami menggunakan versi gratisannya saja.

Langkah 2: Konfigurasi

Setelah aplikasi terinstall, lakukan konfigurasi atau beberapa pengaturan untuk mengaktifkan aplikasi ini. Silahkan lihat screenshot berikut.

wake-on-gesture-android-apps-settings

Perangkat Android kamu harus sudah di root untuk mengaktifkan beberapa fitur yang ada. Kamu bisa mengatur sendiri berapa kali gerakan tangan yang ingin digunakan untuk membangunkan Android kamu. Untuk contoh diatas, jika diatur ke angka 1 kami rasa juga sudah cukup pas.

Langkah 3: Aktifkan

Setelah beberapa konfigurasi sudah dilakukan, sekarang kamu bisa coba mengujinya apakah aplikasi ini bisa berjalan dengan baik di perangkat Android kamu atau tidak.

Coba matikan layar untuk membuat Android ke dalam sleep mode (bukan shutdown). Kemudian coba arahkan tangan kamu dibagian atas dari sensor proximity. Jika layar kamu mati/nyala, berarti aplikasi Wake on Gesture sudah bekerja.

Cara Uninstall Aplikasi Wake on Gesture

Jika sewaktu-waktu ingin menghapus aplikasi ini, kamu perlu cara khusus untuk melakukannya. Dikarenakan aplikasi ini menggunakan akses root, maka akan aktif sebagai Device administrator. Jadi kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi Wake on Gesture seperti halnya aplikasi-aplikasi lainnya.

Untuk itu, nonaktifkan hak akses dari aplikasi ini terlebih dahulu dengan cara: Masuk ke menu Settings > Security > Device administrators > Hilangkan tanda centang atau nonaktifkan aplikasi Wake on Gesture. Kemudian hapus/uninstall aplikasinya seperti biasa.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.