apa-itu-usb-otg

USB On-The-Go atau yang biasa disingkat dengan USB OTG adalah standarisasi untuk koneksi USB yang memungkinkan suatu perangkat untuk membaca data dari koneksi USB tanpa memerlukan PC.

Smartphone Android keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah mendukung fitur USB OTG.

Fungsi USB OTG

Dengan menggunakan USB OTG, kamu bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk (flash drive) ke Android kamu dengan sangat mudah. Selain itu, kamu juga bisa memainkan game di Android dengan menggunakan joystick gamepad.

Lebih banyak fungsinya nanti akan kita bahas.

Cek Apakah Perangkat Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG

usb-otg-android-logo

Cara termudah untuk mengetahui apakah perangkat Android kamu sudah mendukung USB OTG adalah dengan melihat informasi spesifikasi pada box smartphone atau tablet kamu. Atau juga bisa dengan melihat langsung pada website pabrikannya.

Perangkat yang sudah mendukung USB OTG biasanya akan tertera logo seperti gambar diatas pada boxnya. Jika masih kurang yakin, alternatifnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker yang tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi tersebut bisa memberitahu apakah perangkat kamu mendukung USB OTG atau tidak.

Cara Menggunakan USB OTG

Setelah kamu mengetahui bahwa perangkat Android kamu sudah mendukung USB OTG, maka untuk menggunakannya tentu saja yang kamu perlukan adalah kabel konektor dari USB OTG itu sendiri (adapter).

Berapa Harga USB OTG Adapter? Seperti Apa Bentuknya?

Kabel USB OTG yang termurah bisa kamu beli di toko komputer dengan harga sekitar Rp. 15 ribuan. Seperti ini bentuknya.

usb-otg-android-cable

 

Selain seperti contoh diatas. Saat ini desain dari konektor USB OTG juga terus berkembang.

Bahkan untuk saat ini yang populer adalah USB OTG yang sudah include dengan alat peyimpanan, sebut saja flash disk (flash drive). Harganya pun tentu lebih mahal dari USB OTG biasa, karena memang tanpa kabel sehingga lebih simple dan “gak ribet. Seperti ini contohnya:

sandisk-dual-usb-otg-drive

Gambar diatas merupakan contoh dual usb drive otg dari SanDisk. Dengan fitur 3 in 1, yakni penyimpanan 32 GB, USB, dan Micro USB. Harganya pun bervariasi, berkisar antar Rp.70 ribu sampai dengan Rp.100 ribuan keatas.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan dengan USB OTG

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan pada smartphone atau tablet Android yang sudah mendukung USB OTG:

Menghubungkan Flash Disk dan Hard Disk Eksternal Langsung ke Android

usb-otg-android-flash-drive-flash-disk
Via makeuseof

Dengan cara ini, kamu bisa mentransfer data secara langsung dari flash disk ke Android kamu tanpa memerlukan PC. Tentunya bisa lebih menghemat waktu dan tempat.

Main Game Android Pakai Joystick Game Controller

play-android-game-with-joystick

Kamu juga bisa menggunakan joystick untuk memainkan game di Android. Terkadang ada beberapa game yang lebih seru dimainkan dengan menggunakan joystick. Selain itu, controller milik Xbox 360 juga bekerja dengan baik pada Android dengan USB OTG.

Mengendalikan Android dengan Keyboard dan Mouse

controll-android-with-keyboard-mouse-usb-otg

Cukup tancapkan ke port USB OTG, kamu sudah bisa mengetik di Android dengan keyboard dan mouse fisik. Jika ingin lebih fleksibel lagi, kamu juga bisa menggunakan wireless mouse dan keyboard.

Mencetak Foto dan Dokumen Langsung dari Android ke Printer

usb-otg-printer-android
Via verrassendgenoeg.nl

Dokumen dan foto yang ada di perangkat Android kamu juga bisa langsung dicetak ke printer dengan menghubungkannya menggunakan USB OTG. Pada beberapa merek printer, seperti Canon misalnya, kamu perlu menginstall aplikasi khususnya terlebih dahulu yang tersedia gratis di Google Play Store.

Sebagai Controller Untuk Kamera DSLR

DSLR Controller – Android + Canon EOS – LiveView

http://dslrcontroller.com/ DSLR Controller is the first and only app that will allow you to control your Canon EOS DSLR from a compatible Android device over USB. You need a Honeycomb tablet or an SGS2 (with KG1 or newer firmware) and a USB host (OTG, On-The-Go) cable / adapter for this.

Para fotografer mungkin akan menyukai fitur ini. Perangkat Android kamu akan bisa menampilkan tayangan kamera secara live pada layar Android. Keuntungannya jelas, tampilan kamera akan terlihat lebih besar.

Untuk menghubungkannya, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama DSLR Controller. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur seperti: capture, focus, control shutter speed, dan masih banyak lagi. Dapat digunakan secara ideal untuk kamera dengan merek Canon, dan juga beberapa kamera Nikon dan Sony.

Yang perlu diketahui adalah aplikasi ini dijual di Google Play Store dengan harga sekitar Rp.90 ribuan. Jadi jika tertarik, pelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini sebelum benar-benar akan membelinya.


 

Itu dia penjelasan seputar pengertian, manfaat, dan kegunaan USB OTG pada perangkat Android. Semoga bermanfaat.

Hey! Sudah bergabung di indouser.com belum? Komunitas internet Indonesia untuk memajukan industri kreatif di Indonesia. [Check this out!]

.